Kamis, 07 Oktober 2010

Materi Olahraga Kelas X SMA N 1 Yogyakarta ke-3

1. Sejarah Bolavoli


Permainan bolavoli diciptakan oleh William G. Morgan pada tanggal 1895. dia adalah seorang Pembina Pendidikan jasmani pada organisasi “Young Man Christian Assosiation” (YMCA) di kota Massachusetts,USA. Mula-mula permainan bolavoli diberi nama “mintonette”, karena permainannya hampir serupa dengan permainan badminton. Kemudian permainan ini diubah menjadi volleyball yang artinya lebih kurang memvoli bola berganti. Pada 1948 IVBF (Internasional Volley Ball Federation) didirikan dengan beranggotakan 15 negara dan berpusat di Paris. 22 Januari 1945 PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama. Pertandingan bolavoli masuk acara resmi dalam PON II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta.

2. Pengertian Bolavoli


Bolavoli adalah olahraga beregu dimainkan oleh dua regu pada setiap lapangan dengan dipisahkan oleh net, yang tiap regu terdiri atas 6 (enam) orang. Adapun tujuan permainan bolavoli adalah melewatkan bola diatas net agar dapat jatuh menyentuh lantai atau tanah didaerah lawan dan mencegah dengan upaya agar bola yang sama (dilewatkan) tidak menyentuh lantai atau tanah dalam lapangan sendiri. Regu dapat tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola tersebut. Tiap regu berusaha menempatkan bola di daerah lawan agar mendapat angka (point). Regu yang pertama mencapai angka 25 adalah regu yang menang.

3. Peraturan Permainan Bolavoli


Tinggi net putera: 2,43 m dan tinggi net puteri: 2,24 m. Setiap regu berhak untuk mendapatkan satu pemain khusus bertahan (defensive player) “libero” antara daftar 12 pemain yang terdaftar. Rotasi dalam permainan bolavoli:

Gambar tidak tersedia, di atas itu salah"

4. Teknik-teknik Dasar Bolavoli
Teknik dalam permainan bolavoli dapat diartikan sebagi cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Teknik dasar memainkan bolavoli yang harus ditingkatkan keterampilannya adalah passing bawah, passing atas, smash atau spike, servis, atau bendungan (block). Gerak dasar dalam bolavoli ada 2 yaitu:


a. Gerak dasar tanpa bola:
l  Gerak dasar bergerak maju
l  Gerak dasar bergerak mundur
l  Gerak dasar bergerak ke samping kanan/kiri
l  Gerak dasar melompat
b. Gerak dasar dengan bola:
Gerak dasar dengan bola meliputi:
l  Servis: tindakan memukul bola seorang belakang yg dilakukan dr daerah servis ke lapangan lawan.
l  Oper (passing): usaha/upaya seorang pemain voli dengan cara menggunakan teknk tertentu yg tujuannnya adl utk mengoperkan bola yg dimainkan itu kpd teman seregunya untuk dimainkan di lap. sendiri.
l  Umpan (set-up): usaha/upaya seorang pemain voli dengan cara menggunakan teknk tertentu yg tujuannnya adl utk menyajikan bola untuk di smash.
l  Smash (spike)
l  Bendungan (block)

0 comments:

Poskan Komentar